Archive Pages Design$type=blogging$count=7

banner image

Ragam Bahasa Teknik Informatika

RAGAM BAHASA
  

Ragam Bahasa



















STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA
Jl. Bhayangkara No.55-57 Tipes, Serengan, Surakarta
2016
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi yang dipakai dalam berbagai keperluan tentu tidak seragam, tetapi akan berbeda-beda sesuai dengan kondisi dan situasi. Keanekaragaman penggunaan bahasa indonesia itulah yang disebut ragam bahasa Indonesia.
Ragam bahasa merupakan varian dari sebuah bahasa menurut pemakaian. Perkembangan bahasa yang saat ini semakin beragam hal itu tentu membentuk suatu keanekaragaman bentuk bahasa yang digunakan. Factor terbentuk dan terwujudnya hal tersebut adalah dari perbedaan situasi kondisi penutur, perbedaan budaya dan suku sehingga mempengaruhi dialek penutur. Menjadi kekayaan suatu bahasa dan dapat terbentuk kosa kata baru dari bahasa Indonesia. Keragaman bahasa ini hendaknya dapat digunakan dengan baik. Keanekaragaman penggunaan bahasa Indonesia itulah yang dinamakan ragam bahasa.
Ragam bahasa dapat timbul karena adanya kegiatan interaksi sosial yang dilakukan oleh masyarakat atau kelompok yang sangat beragam dan dikarenakan oleh para penuturnya yang tidak homogeny. Bahasa Indonesia memiliki banyak ragam, hal ini dikarenakan bahasa Indonesia sangat luas pemakaiannya dan bermacam-macam ragam penuturnya.
B. Rumusan Masalah
a. Apa ragam bahasa itu?
b. Bagaimana ciri berbagai ragam bahasa?
c. Bagaimana contoh pemakaian ragam bahasa dalam konteksnya?
C. Tujuan
a. Mengetahui tentang ragam bahasa.
b. Mengetahui ciri berbagai ragam bahasa.
c. Mengetahui contoh pemakaian ragam bahasa dalam konteksnya.



BAB II
PEMBAHASAN
A. Apa ragam bahasa
Menurut Maman Suryaman (2012) Bahasa dapat dicirikan melalui serangkaian huruf. Serangkaian huruf ini membentuk suatu kata yang mengandung makna tertentu. Kata-kata inilah yang dijadikan lambang sebagai akumulasi pengalaman dan pemikiran manusia. Dengan bahasa, manusia hidup dalam dunia pengalaman  yang nyata dan dunia pengalaman simbolik. Dengan kata lain, adanya lambang-lambang ini memungkinkan manusia dapat belajar dan berpikir.
Berdasarkan media pengantar, ragam bahasa dibedakan menjadi :
1. Ragam Bahasa Lisan
Merupakan ragam bahasa yang diungkapkan melalui media lisan. Ragam ini terkait dengan ruang dan waktu sehingga situasi pengungkapan dapat membantu pemahaman, sehingga ragam bahasa lisan sangat dipengaruhi oleh situasi, baik situasi tempat maupun waktu.
Ragam bahasa lisan dapat dibedakan menjadi beberapa macam :
1) Ragam Bahasa Cakapan: ragam bahasa yang dipakai apabila pembicara menganggap kawan bicara sebagai sesama, lebih muda, lebih rendah statusnya atau apabila topik pembicaraan bersifat tidak resmi.
2) Ragam Bahasa Sekolah/Kuliah: ragam bahasa yang digunakan pada saat sekolah/kuliah, yaitu pada saat pelaksanaan pembelajaran antara guru dan murid atau mahasiswa dan dosennya.
3) Ragam Bahasa Panggung: ragam bahasa yang digunakan seseorang saat dipanggung ketika mengisi acara hiburan lain agar bisa diterima penonton.
2. Ragam Bahasa Tulis
Merupakan bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkan tulisan dengan huruf sebagai unsur dasarnya. Dengan kata lain dalam ragam bahasa tulis, kita dituntut untuk memperhatikan adanya kelengkapan unsur tata bahasa seperti bentuk kata ataupun susunan kalimat, ketepatan pilihan kata, kebenaran penggunaan ejaan, dan penggunaan tanda baca dalam mengungkapkan ide.

Beberapa contoh penggunaan ragam bahasa tulis adalah sebagai berikut :
1) Ragam Bahasa Teknis: tata penulisan berdasarkan teknik-teknik tertentu. Teknik tersebut biasanya sudah disepakati atau sudah ada pedoman yang baku. Misalnya, penulisan laporan (keuangan, percobaaan, penelitian, dll), penulisan karya ilmiah.
2) Ragam Bahasa Undang-Undang: digunakan untuk penulisan undang-undang atau peraturan-peraturan lain sejenis undang-undang. Dalam hal ini, kejelian dalam memilih kata yang akan digunakan sangat dibutuhkan karena berkaitan dengan penafsiran. Ragam bahasa ini sangat dekat dengan ranah hukum.
3) Ragam Bahasa Laporan: ragam bahasa laporan lebih santai dibandingkan dengan ragam-ragam tulis lain karena hal ini lebih dekat dengan pribadi penulis. Misalnya, laporan perjalanan, laporan pengamatan, laporan kunjungan, dan sebagainya.
4) Ragam Bahasa Surat: ragam bahasa surat dibagi menjadi dua ; ragam bahasa surat resmi menggunakan ragam bahasa resmi, sedangkan ragam bahasa surat pribadi menggunakan ragam bahasa tidak resmi. Surat-surat yang berhubungan dengan kedinasan termasuk surat resmi, maka harus menggunakan bahasa resmi pula.
Berdasarkan situasi pemakaiannya, ragam bahasa dibedakan menjadi :
1. Ragam Bahasa Formal
2. Ragam Bahasa Semiformal
3. Ragam Bahasa Nonformal

B. Ciri-ciri berbagai ragam bahasa
Ciri-ciri ragam bahasa lisan:
1. Unsur gramatikal tidak dinyatakan secara lengkap.
2. Memerlukan kehadiran orang lain.
3. Terikat ruang dan waktu.
4. Dipengaruhi oleh tinggi rendahnya suara.
Ciri-ciri ragam bahasa tulis:
1. Tidak memerlukan kehadiran orang lain.
2. Unsur gramatikal dinyatakan secara lengkap.
3. Tidak terikat ruang dan waktu.
4. Dipengaruhi oleh tanda baca atau ejaan.

C. Contoh pemakaian ragam bahasa dalam konteksnya
Contoh ragam bahasa lisan dalam bahasa cakapan:
Joko: “Ngapain kamu disitu?”
Jeki: “Nggak ngapa – ngapa.”
Joko: “kalo gitu, ayo ikut!”
Jeki: “nggak ah lagi males!”

Contoh ragam bahasa lisan dalam bahasa panggung:
Paijo Dikerjai Polisi
Paijo yang sedang asik mengendarai sepeda motor dihentikan polisi karena tidak menyalakan lampu depan pada malam hari, kebetulan TKP-nya di Jln. Jend. Sudirman.
Polisi: (meniup peluit lalu menghampiri Paijo ”Selamat malam, coba perlihatkan surat-surat kendaraan Anda.”
Paijo: “Maaf, Pak, salah saya apa ya?”
Polisi: “Begini, Pak. Bapak tidak menyalakan lampu depan pada malam hari.”
Sebagai contoh dalam berbahasa, dibawah ini disajikan tabel sederhana yang memperlihatkan pemakaian kata ganti dan sapaan; imbuhan dan partikel penegas; serta pilihan tertentu dalam ragam formal, semiformal dan nonformal.

Tabel Pemakaian Kata Ganti, Imbuhan dan Partikel, serta Diksi pada Ragam Bahasa
Jenis Pemakaian

Ragam Bahasa


Formal
Semiformal
Nonformal
Kata ganti
saya – Anda
saya – bapak
saya – ibu
saya -  saudara
aku – bung
aku – kamu
aku – mas
aku – mbak
gue – bang
gue – elu
gue – neng
gue - situ
Imbuhan dan partikel penegas
.. sudah menerima ..
.. sudah membaca ..
betulkan
mengobrol
.. sudah terima ..
.. sudah baca ..
betulin
ngobrol
.. udah terima ..
.. udah baca ..
betulin
ngobrol
Pilihan kata tertentu
beri tahu-(kan)
uang
sudah
tidak
laki-laki / pria
perempuan
kasih tau
duit
sudah
tidak
orang/anak laki
orang/anak perempuan
bilangin
fulus
udah
nggak
cowok
cewek


BAB III
SIMPULAN
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa ragam bahasa adalah variasi bahasa yang pemakaiannya berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, lawan bicara, dan orang yang dibicarakan, serta menurut media pembicaraan.
Disini kami menjelaskan tentang berbagai ragam bahasa, misalnya ragam bahasa berdasarkan media pengantarnya dan ragam bahasa berdasarkan situsai pemakaiannya. Ragam bahasa berdasarkan pengantarnya terdiri dari; 1. Ragam bahasa lisan adalah ragam bahasa yang diungkapkan melalui lisan serta terkait dengan situasi pengungkapan. Contoh : 1) Semalam ada kecelakaan mobil nabrak motor. 2) Adik ngegambar pemandangan alam desa. 3) Enggak sengaja Ardi nginjak pecahan gelas, hingga kakinya luka. 2. Ragam bahasa tulis adalah bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkan tulisan huruf sebagai unsur dasarnya. Contoh : 1) Kemarin malam ada berita tentang kecelakaan mobil yang menabrak motor. 2) Adik sedang menggambar pemandangan alam di desa. 3) Ardi tidak sengaja menginjak pecahan gelas sehingga kakinya terluka.
Selanjutnya ragam bahasa berdasarkan situasi pemakaiannya terdiri dari; 1. Ragam bahasa formal yaitu ragam bahasa yang biasanya bersifat formal dan bahasa yang digunakan mengacu pada KBBI. 2. Ragam bahasa semiformal yaitu ragam bahasa yang digunakan kepada orang yang lebih tua atau yang kita hormati. 3. Ragam bahasa nonformal yaitu ragam bahasa yang kita gunakan apabila kita berbicara secara pribadi atau teman sebaya yang sudah akrab.
DAFTAR PUSTAKA

Krisdiyanto, Anang dan Trisni. 2014. Bahasa Indonesia Kebanggaan Bangsaku 2. Platinum.
Mulyadi, Yadi dan Ani Andriyani. 2016. Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung : Yrama Widya.
Ragam Bahasa Teknik Informatika Ragam Bahasa Teknik Informatika Reviewed by Agustinus - on 09:22:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.